Verifikasi Parpol Tunggu Keputusan KPU RI

Verifikasi Parpol Tunggu Keputusan KPU RI

Ilustrasi - okezone.com

Metro Merauke – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Merauke menyatakan belum bisa melakukan verifikasi Partai Politik (Parpol) sebagai tahap awal pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. KPUD Merauke hingga kini masih menunggu keputusan KPU RI.

Divisi Tehnik KPUD Merauke, Gregorius mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu keluarnya aturan KPU RI, yang berkaitan dengan proses verifikasi Parpol.

“Saat ini KPU RI masih fokus merampungkan Pilkada serentak. Verifikasi ini memang harus dilakukan dua tahun sebelum pelaksanaan Pileg,” kata Gregorius, Rabu (15/3).

Menurutnya, kemungkinan verifikasi Parpol sebagai peserta Pemilu Legislatif akan dilakukan dipenghujung 2017. KPUD Merauke menyatakan, ada sejumlah partai baru yang telah lolos verifikasi oleh Kementerian Hukum dan HAM.

“Nantinya KPU juga akan memverifikasi Parpol baru maupun yang lama sebelum menjadi peserta Pemilu. Dalam verifikasi, KPU akan menyortir syarat kepesertaan Pileg dan syarat keanggotaan Parpol,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement