Ratusan Orang Demo di Gedung DPRD Merauke

Ratusan Orang Demo di Gedung DPRD Merauke

Penyerahan Aspirasi Kepada Perwakilan DPRD Merauke

Metro Merauke – Sedikitnya 200 orang yang tergabung dalam Kelompok Pemerhati Masyarakat dan Mahasiswa Kabupaten Merauke, Papua menggelar demonstrasi damai di Halaman Gedung DPRD Merauke, Rabu (15/3) sekira pukul 12.00 WIT-17.00 WIT.

Pendemo meminta berbagai dugaan ketidakberesan di lingkup pemerintahan Merauke diusut. Beberapa dugaan itu diantaranya praktek penyalahgunaan yang tidak sesuai dengan ketentuan undang-undang, dugaan pencucian uang oknum pejabat, dugaan praktek suap dalam jabatan, dugaan asusila yang melibatkan pejabat dan pelayanan pemerintahan yang tidak efisien dan efektif.

Dalam orasinya, perwakilan demonstran A.R. Naba meminta Bupati dan Wakil Bupati Merauke, Frederikus Gebze-Sularso mengklarifikasi kinerja pemerintahannya. Menyampaikan pertanggungjawaban dana Otsus senilai Rp138 miliar agar diketahui rakyat.

Hal yang sama dikatakan demonstran lainnya, Yosep Kanda. Dalam orasinya, Yosep menyatakan, pihaknya meminta pejabat dan anggota DPRD Merauke yang terlibat tindak pidana diproses.

“Selain itu, 50 persen orang asli Papua harus menjadi anggota dewan. Yang ada kini hanya empat orang,” kata Yosep.

Demonstran lainnya, Yohana Gebze mengatakan, Bupati Merauke jarang berada di tempat. Berbagai janji yang pernah disampaikan bupati belum terealisasi. Salah satunya akan mengatasi kelangkaan pupuk dan obat-obat pertanian.

Salah satu legislator Merauke, Hengky Ndiken yang menemui pendemo menyatakan, akan menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan.

“Kami akan bentuk Pansus untuk menindaklanjuti masalah-masalah yang terjadi dan menjadi tuntutan pendemo,” kata Ndiken.

Pendemo bertahan di halaman Kantor DPRD Merauke hingga sekira pukul 16.30 WIT. Namun lantaran ada informasi yang menyebut Bupati Frederikus Gebze tak bisa menemui pendemo karena yang bersangkutan sedang bertemu tamu dari Jakarta. Pukul 17.00 WIT, pendemo memutuskan menyerahkan dokumen pernyataan sikap dan spanduk tuntutan.

Penyerahan dilakukan oleh koordinator aksi, H. Waros kepada perwakilan DPRD Merauke Hengky Ndiken yang disaksikan Kabag OPS Polres Merauke, Kompol Marten Koagow. Turut hadir menerima demonstran, Ketua Komisi B, Fransiskus Sirfefa dan beberapa anggota komisinya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement