BLH Boven Digoel Awasi Limbah Perusahaan

BLH Boven Digoel Awasi Limbah Perusahaan

Wakil Bupati Boven Digoel, Chaerul Anwar

Metro Merauke – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Boven Digoel, Papua yang memiliki tugas mengawasi limbah perusahaan di wilayah itu, berupaya maksimal menjalankan tugas dan fungsinya.

Wakil Bupati Boven Digoel, Chaerul Anwar mengatakan, meski sejauh ini belum ada laporan masyarakat terhadap dampak limbah industri, namun pengawasan terhadap perusahaan, khususnya dalam pengolaan limbah perlu dilakukan.

“Misalnya sistem pengelolaan limbah yang diterapkan harus sesuai standar pemerintah. Dengan begitu masyarakat tidak dirugikan,” kata Chaerul Anwar, Rabu (15/3/2017).

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Badan Lingkungan Hidup Boven Digoel, Martinus Torip mengatakan, sebagai instansi yang baru dibentuk di lingkungan Pemkab Boven Digoel, BLH akan mengawali program kerja dengan mendata perusahaan.

“Pengawasan menjadi prioritas. Sehingga pencemaran limbah industri yang dapat merusak ekosistem dan biota sungai tidak terjadi,” katanya, Rabu (15/3).

Sejauh ini pemerintah tetap melakukan pengawasan terhadap aktifitas sejumlah perusahaan di daerah. Pemerintah berharap perusahaan ikut mematuhi ketentuan pengelolaan limbah dengan baik.

“BLH ini baru dibentuk. Tapi kami akan rutin turun lapangan menguji sampel limbah,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement