Pembangunan Rumah Singgah Anak Jalanan di Merauke Terkendala Lahan

Pembangunan Rumah Singgah Anak Jalanan di Merauke Terkendala Lahan

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Merauke, Ester T. Ridik

Metro Merauke – Rencana Dinas Sosial Kabupaten Merauke, Papua membangun rumah singgah untuk anak jalan di wilayah itu belum terwujud hingga kini. Kendalanya bukan anggaran, namun lahan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Merauke, Ester T. Ridik mengatakan, tak ada masalah mengenai dana. Meski tak menyebutkan berapa nominalnya, namun kata dia, kini sudah ada anggaran. Selain itu pihaknya menunggu dana tambahan dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT).

“Hanya saja untuk membangun rumah tersebut, Dinas Sosial belum mendapatkan lahan. Sebelumnya akan dibangun di tanah kosong sekitar Panti Asuhan Kartini. Tapi dibatalkan, karena dianggap tidak efektif. Ini untuk menghindari terjadi konflik atau saling mengganggu,” kata Ester T. Ridik, Selasa (14/3).

Menurutnya, sesuai prosedur, pihaknya harus melakukan pendataan anak jalanan. Setelah itu menyiapkan lahan, kemudian memulai proses pembangunan. Namun yang terjadi kini, dana untuk pembangunan rumah singgah ada, tapi lahan yang tidak ada.

“Tahun ini belum bisa dilakukan pembangunan karena alasan lahan ini. Juga masih menunggu anggaran tambahan. Kemungkinan tahun depan barulah terealisasi,” katanya.

Ia berharap, semua berjalan sesuai rencana. Untuk itu berbagi hal perlu diperhatikan. Misalnya kesiapan dana maupun lokasi pembangunan rumah singgah. Dengan begitu semua proses akan berjalan baik. Pembangunan tidak tersendat. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement