E-Tilang akan Diterapkan di Merauke

E-Tilang akan Diterapkan di Merauke

Ilustrasi Personel Polisi Lalu Lintas Polres Merauke Ketika Mengelar Razia Kelengkapan Kendaraan Bermotor

Metro Merauke – Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Merauke, AKP. Andyka Aer menyatakan, pihaknya mulai memberlakukan E-Tilang atau tilang online di wilayah itu, April 2017 mendatang.

Ia mengatakan, diharapkan dengan sistem ini, masyarakat lebih efektif membayar denda. Apakah karena melakukan pelanggaran lalu lintas maupun lantaran tidak memiliki kelengkapan kendaraan.

“Senin (13/3), sudah ada persetujuan dari Ketua Pengadilan Negeri Merauke, Syors Mambrasar. Beliau telah menandatangani besaran denda tilang untuk Kabupaten Merauke, Mappi dan Boven Digoel. Semoga, April sudah bisa diterapkan,” kata Andyka, Selasa (14/3).

Kini, pihaknya masih menginput data ke Korlantas Mabes Polri. Data itu akan dimasukan ke dalam aplikasi online. Dengan begitu masyarakat dapat mempergunakannya.

“Pada 24 Maret 2017 mendatang, akan diadakan pelatihan cara mengakses informasi yang berkaitan dengan sweeping online. E-Tilang ini lebih memudahkan pelanggar mengetahui informasi jenis pelanggaran yang dilakukannya melalui handpone,” ujarnya.

Dimasa mendatang, pembayaran denda tilang tidak lagi melalui petugas, usai sidang di pengadilan seperti selama ini. Namun pembayaran langsung dilakukan di bank atau via mobile banking di handpone android. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement