DPRD Merauke Tambah Lokasi Reses di Dapil

DPRD Merauke Tambah Lokasi Reses di Dapil

Wakil Ketua II DPRD Merauke, Benny Latumahina

Metro Merauke – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Papua menambah lokasi reses anggota dewan di daerah pemilihannya masing-masing. Perubahan pola itu telah disepakati bersama.

Wakil Ketua II DPRD Merauke, Benny Latumahina mengatakan, setiap anggota dewan yang melakukan reses, wajib menyerap aspirasi dari tiga tempat di daerah pemilihannya. Pada tahun sebelumnya, reses hanya dilakukan pada satu titik (tempat) di daerah pemilihan.

“Agenda satu tahun kerja yang ditetapkan oleh Badan Musyawarah telah kita sepakati bersama, di antaranya soal reses,” kata Benny, Selasa (14/3).

Ia mengatakan, reses anggota dewan dilakukan tiga kali setahun. Masa reses dimanfaatkan ke daerah pemilihan, guna menyerap aspirasi masyarakat dan memberikan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan wewenang DPRD.

“Reses dibagi sesuai dapil. Tahun ini dilaksanakan reses di tiga titik/tempat dalam satu dapil. Misalnya dalam satu kelurahan, tidak lagi di satu titik, tapi satu kelurahan tiga titik,” katanya.

Dengan menambah lokasi reses, legislator diharapkan banyak menyerap aspirasi dari masyarakat. Setiap pelaksanaan tugas reses, anggota dewan baik perorangan atau kelompok wajib membuat laporan tertulis atas pelaksanaan tugasnya.

Benny menerangkan, hasil reses dalam laporan tertulis itu disampaikan kepada pimpinan DPRD dalam rapat paripurna, yang selanjutnya dijadikan bahan pokok-pokok pikiran DPRD.

“Aspirasi-aspirasi masyarakat ini merupakan buah pikiran, merupakan usul saran atau program yang mudah-mudahan bisa diakomodir oleh pemerintah daerah,” terangnya. (Emanuel/Arjuna)

Advertisement