PMI Merauke Jamin Kelayakan Darah dari Pendonor

PMI Merauke Jamin Kelayakan Darah dari Pendonor

Stok Darah di PMI Merauke, Papua

Metro Merauke – Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Merauke, Papua memastikan darah yang tersedia di bank darah setempat berkualitas dan layak dipergunakan.

Kepala TU PMI Merauke, Sutimin kepada Metro Merauke, Sabtu (11/3) mengatakan, pihaknya sangat berhati-hati dalam penyediaan darah. Setiap darah yang didonorkan pendonor, akan discreening terlebih dahulu. Jika ada teridentifikasi mengandung penyakit menular berbahaya, langsung disingkirkan. Selanjutnya dimusnahkan.

“Setiap darah pendonor harus lolos uji darah. Tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya kontaminasi penyakit menular yang bisa membahayakan pasien penerima tranfusi,” kata Sutimin.

Tidak semua darah pendonor bisa dimanfaatkan. Darah yang terdeteksi mengandung penyakit dipisahkan, kemudian dimusnahkan. Proses pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sampel darah setiap ampul darah yang baru diambil dari pendonor.

“Kemudian dilakukan pemeriksaan sel-sel darah di laboratorium PMI. Darah harus bebas dari penyakit malaria, hepatitis B, hepatitis C, sipilis dan beberapa jenis penyakit lainnya,” ujarnya.

Ia memastikan, stok darah berbagai jenis golongan darah yang tersedia di PMI Merauke mencukupi dua pekan kedepan.

Sejauh ini, PMI Merauke melayani pendonor yang datang secara sukarela mendonorkan darahnya di kantor PMI, maupun lewat PMI mobile. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement