Berteman Itu yang Bermanfaat, Bukan Nyebarin Hoax di Grup Chat

Berteman Itu yang Bermanfaat, Bukan Nyebarin Hoax di Grup Chat

Foto: copyright Unpopulart/Belinda

Metro Merauke – Dengan kemajuan teknologi dan internet, berkomunikasi jadi lebih cepat. Bahkan dengan aplikasi pesan seperti What’s App, BBM, dan LINE yang makin memudahkan kita untuk tetap menjalin komunikasi dengan teman-teman yang mungkin sudah lama nggak ketemu. Kamu pun pastinya juga memiliki sejumlah grup chat di ponselmu, kan?

Grup chat yang biasanya dimiliki antara lain grup chat teman dekat, teman kantor, hingga teman-teman sekolah atau kuliah yang sekarang sudah berpencar-pencar. Senang dan sangat diuntungkan sekali dengan adanya grup chat. Mau berbagi info atau sekadar tanya kabar jadi super cepat. Cuma kadang yang bikin sebal itu saat ada teman yang hobi banget nyebarin berita nggak penting dan berita hoax di grup chat. Kan ganggu banget jadinya.

Sebaiknya Buat Aturan yang Disepakati Bersama dari Awal
Demi kenyamanan bersama semua anggota di grup, ada baiknya bikin aturan yang disepakati bersama dari awal. Seperti dilarang menyebar berita hoax atau berita yang nggak jelas sumbernya. Atau kalau perlu ada pihak yang jadi admin atau moderator untuk mengambil tindakan bila ada yang sudah jelas mengganggu anggota di grup chat.

Foto: copyright vulcanpost.com

Kita Juga Perlu Hati-Hati Bila Akan Menyebar Berita
Sebelum menyalahkan orang lain, kita juga perlu bisa lebih bijak dan mengendalikan diri dalam menyebar berita. Kalau menerima sebuah berita, cek dulu sumber dan kebenarannya. Kalau ragu soal kebenarannya, jangan langsung dibagi. Begitu juga saat menerima berita yang meragukan, jangan gampang langsung percaya kemudian menghakimi atau nyinyir yang nggak karuan. Nggak gampang sih tapi namanya hidup di era teknologi dengan penyebaran informasi yang sangat cepat, kita juga perlu jadi masyarakat cerdas beradaptasi dengannya.

Beri Teguran Buat yang Hobi Nyebar Berita Hoax atau Spam
Kalau kelakuan seorang teman di grup sudah kelewatan dalam menyebar berita hoax dan nyepam nggak karuan, mending dia ditegur deh. Dia juga perlu tahu kalau yang dilakukannya itu mengganggu kenyamanan banyak orang. Bukankah berteman yang baik itu yang bermanfaat, bukan yang malah saling sebar berita hoax dan nggak jelas di grup chat? Apalagi kalau ternyata berita hoax tersebut mengandung fitnah lalu kita langsung menyebarnya tanpa mengecek kebenarannya, di sini kita juga perlu ikut bertanggung jawab.

Foto: copyright vietnamnet.vn

Jangan Sampai Sebuah Salah Paham Menimbulkan Masalah yang Lebih Besar
Mungkin kamu pernah juga mengalami hal ini. Saat ada sebuah berita, lalu kamu dan teman-teman berdebat mengenai berita itu, membahas semua pro kontra dan pihak-pihak yang ada di dalamnya. Kalau tak dilakukan dengan pikiran jernih, yang ada malah sebuah salah paham dan bisa-bisa menimbulkan masalah yang lebih besar. Biar hal itu nggak terjadi, memang perlu menjaga komunikasi dengan baik dari awal. Kalau ada yang salah, perlu ditegur. Yang merasa bersalah pun perlu minta maaf. Cuma memang harus menahan diri untuk nggak merasa yang paling benar dan egois dengan sudut pandang pribadi.

Yuk, mulai dari sekarang kita sama-sama menjaga pertemanan dan hubungan yang baik, sekalipun cuma di grup chat. Kita semua pastinya ingin selalu bisa dikelilingi oleh teman-teman yang baik di sekitar kita juga, kan? (vem/nda)

Sumber: vemale.com

Advertisement