Ratusan Siswa SMK Kesehatan Maro Ikut Uji Kompetensi

Ratusan Siswa SMK Kesehatan Maro Ikut Uji Kompetensi

Persiapan Ratusan Siswa SMK Kesehatan Melakukan Uji Kompetensi

Metro Merauke – Sebanyak 119 siswa SMK Kesehatan Yaleka Maro, Kabupaten Merauke, Papua mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), Selasa (7/3).

Ratusan siswa tersebut terdiri dari Jurusan Analis 29 siswa, Farmasi 17 siswa dan Jurusan Keperawatan 73 siswa. Ujian kompetensi siswa SMK Kesehatan Yaleka Maro angkatan ke II tersebut dihadiri pihak Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Ketua Pelatihan dan Pendidikan LSP, Hendratno Widiatmanto mengatakan, uji kompetensi tersebut dilakukan diakhir pendidikan siswa. Ini  bertujuan untuk melakukan standarisasi kompetensi lulusan SMK Kesehatan.

“SMK Kesehatan Merauke sudah memiliki sarana prasarana yang lengkap. Termasuk gurunya sudah kompeten, sehingga layak mengadakan uji kompetensi siswa,” kata Hendratno, Selasa (7/3).

Ia memastikan, siswa yang lulus uji kompetensi akan mengantongi sertifikat kompetensi berlogo garuda. Dengan sertifikat itu nantinya, mereka dapat mempergunakannya melamar pekerjaan. Baik ditingkat nasional maupun internasional.

Kepala SMK Kesehatan Merauke, Yuliana Yacinta Kainde mengatakan, uji kompetensi kejuruan bagian penting yang wajib diikuti siswanya. Sejauh ini persiapan menjelang UKK telah dilakukan secara maksimal.

“Tujuan akhir bukan sekedar mengejar sertifikasi semata. Yang utama, meluluskan pelajar SMK Kesehatan Merauke agar benar-benar berkualitas dan berdaya saing,” kata Yuliana. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement