Warga Lampu Satu Merauke Butuh Bak Penampungan Sampah

Warga Lampu Satu Merauke Butuh Bak Penampungan Sampah

Warga Lampu Satu, Kabupaten Merauke, Papua Menggali Lubang untuk Mengubur Sampah

Metro Merauke – Warga Kabupaten Merauke, Papua yang bermukim di sekitaran Pantai Lampu Satu meminta pemerintah kabupaten setempat menyediakan dua bak kontainer penampungan sampah sementara, untuk menampung sampah yang sudah dikumpulkan masyarakat sekitar.

Selama ini warga hanya menumpuk sampah begitu saja. Tak ada bak penampungan di wilayah itu. Tumpukan sampah yang dikumpulkan warga, juga tak diangkut petugas kebersihan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke, Murni mengatakan, pihaknya sudah berulang kali meminta Dinas PU menempatkan dua bak penampungan sampah di wilayah itu. Namun tidak direspon.

“Truk pengangkut sampah juga tidak mengangkut sampah ke TPA. Ketika musim hujan, warga meminta bantuan Lantamal XI Merauke untuk meminjamkan alat berat guna menggali lubang. Sampah dikubur agar tidak terjadi pencemaran. Ketika musim panas, sampah dibakar,” kata Murni, Jumat (3/3).

Warga berharap ada bak penampungan sementara. Jika sudah penuh, warga akan menghubungi petugas kebersihan agar mengangkut sampah tersebut ke TPA. Warga bahkan siap membayar petugas kebersihan mengangkut sampah ke TPA.

“Warga sudah memiliki kesadaran menjaga kebersihan. Namun kendalanya kini belum ada bak penampungan sampah. Petugas kebersihan tidak mengangkut sampah ke TPA,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Harmini ketika dikonfirmasi menyatakan siap memberikan bantuan bak kontainer penampungan sampah untuk warga sekitaran Pantai Lampu Satu.

“Oke nanti diberikan bak kontainer penampungan sampah sementara. Tetapi warga harus menjaga kebersihan dan menjamin bebas sampah,” kata Harmini. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement