Pemkab Merauke akan Turunkan Tim Pendamping Dana Kampung

Pemkab Merauke akan Turunkan Tim Pendamping Dana Kampung

Wakil Bupati Merauke, Sularso

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten Merauke akan menurunkan tim pendamping ke kampung-kampung. Tujuannya memaksimalkan pemanfaat dana kampung.

Wakil Bupati Merauke, Sularso mengatakan, langkah itu diambil untuk mendorong pemanfaatan dana- dana yang diturunkan ke kampung. Apalagi berdasarkan evaluasi tahun sebelumnya, penggunaan dana belum maksimal sesuai peruntukannya.

Ia mengatakan, kendala utama adalah latar belakang pendidikan aparat kampung. Mereka belum paham mekanisme penggunaan dana-dana yang dialokasikan untuk pembangunan di kampung.

“Saya berpikir harus ada perlakukan khusus untuk mereka. Ada pendampingan khusus sehingga pemanfaatannya tepat sasaran,” kata Sularso, Rabu (1/3).

Selain itu menurut dia, aparat distrik, sebagai perpanjangan tangan Pemkab Merauke harusnya membantu mendampingi aparat kampung. Bagaimana menggunakan dana-dana tersebut sesuai peruntukannya. Namun hal itu belum dilakukan dengan serius.

Katanya, khusus kampung-kampung lokal, kondisinya terlihat  masih memprihatinkan. Ada kepala kampung yang setelah menerima uang, dipergunakan untuk kepentingan pribadi.

“Kita akan perkuat melalui pendampingan. Kalau memang masih sama, kita akan cari kepala kampung yang bisa kelola uang dengan baik dan jujur,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

 

Advertisement