Pemkab Biak Numfor Siapkan 300 Sapi Program Siwab

Pemkab Biak Numfor Siapkan 300 Sapi Program Siwab

Sapi bali | Foto: Antara News

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, menyiapkan 300 ekor sapi betina untuk melaksanakan program Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (Upsus Siwab) di berbagai kampung pada tahun anggaran 2017.

“Program Upsus Siwab merupakan kebijakan Kementerian Pertanian merupakan langkah nyata pemerintah untuk mengakselerasi percepatan target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Biak Numfor Made Suardayana di Biak, Rabu.

Made mengatakan program Upsus Siwab mencakup dua program utama, yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (Inka).

Implementasi program Upsus Siwab dituangkan dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/PK.210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting yang ditandatangani Menteri Pertanian pada 3 Oktober 2016. Ia menjelaskan program itu wujud komitmen pemerintah dalam mengejar pencapaian target swasembada sapi pada 2026.

“Siwab diharapkan dapat mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan dan sekaligus meningkatkan pendapatan peternak rakyat di berbagai kampung,” kata Made Suaryadana Guna mendukung program Upsus Siwab, akan dioptimalkan potensi sapi indukan dalam negeri agar dapat menghasilkan anakan yang bayak.

“Program Siwab menjadi fokus kebijakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan pada 2017, ya untuk DKP Biak siap menyelenggarakan program kawin sapi betina,” katanya. Berdasarkan data, harga daging sapi di Biak hingga triwulan 2017 masih relatif stabil, mencapai Rp110 ribu per kilogram. (***)

Sumber: antara papua.com

Advertisement