Komnas PA Serahkan Anak Papua Korban Kekerasan ke Pemkab Mimika

Komnas PA Serahkan Anak Papua Korban Kekerasan ke Pemkab Mimika

Foto: Komnas PA Serahkan Anak Papua Korban Kekerasan ke Pemkab Mimika | Mus-detikcom

Metro Merauke – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) serahkan lima anak korban penelantaran asal Papua kepada keluarga dan Pemerintah Kabupaten Mimika. Kelima anak tersebut adalah Y(8), Y(7), PK alias C (7), YE (10), dan J (6). Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait menjelaskan ada 7 anak korban kekerasan namun yang diserahkan ke Pemkab hanya lima. Dua anak belum diserahkan karena masih belum teridentifikasi keluarganya.

“Hari ini lima dari tujuh anak korban kekerasan dan penelantaran penampungan asal Papua, dalam proses reunifikasi dari pemerintah dan sudah menandatangani kesepakatan, dua yang masih belum teridentifikasi YE (10) sama J (6),” kata Arist di Komnas Anak jalan TB. Simatupang No. 33 Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (28/2).

Foto: Komnas PA Serahkan Anak Papua Korban Kekerasan ke Pemkab Mimika | Mus-detikcom

Arist mengatakan pemerintah kabupaten Mimika berencana akan memberangkatkan kelima anak tersebut pada Rabu (1/3/17). Ia menyebut pemerintah kabupaten Mimika akan bertanggung jawab untuk mencari orang tua biologis YE (10), J (6), dan menempatkannya di tempat yang aman atas dasar kesepakatan itu. Sementara itu perwakilan dari pemerintah kabupaten Mimika, Lopianus Fuakubun mengatakan akan mencari keluarga YE (10) dan J (6).

“Pasti keluarga masih ada, pasti mungkin dia punya daya ingat,” kata Lopianus. Lopianus juga menyerukan kepada masyarakat Mimika agar cermat dan selektif untuk menyerahkan anaknya. Apalagi dengan kondisi masih di bawah umur. “Upaya pencegahan kita serukan masyarakat agar lebih cermat oknum yang datang dengan tujuan seperti itu harus lebih selektif apabila ingin menyekolahkan anak apalagi sampai menyerahkannya ,” ungkap Lopianus

Sebelumnya Komnas Perlindungan Anak membebaskan tujuh anak korban penelantaran anak dari penampungan ilegal yang dikelola SK (35) di jalan Intisari Raya, Kalisari, Jakarta Timur. Pihaknya telah pertemukan empat anak dengan keluarganya. K (10), M (13), langsung diberangkatkan ke Papua dan Y (5), Y (7) yang sempat dibawa ke rumah saudaranya di Salatiga, pada Minggu (19/2). (rvk/fdn)

Sumber: detik.com

Advertisement