Di Merauke, Ratusan Botol Miras Sitaan Dimusnahkan

Di Merauke, Ratusan Botol Miras Sitaan Dimusnahkan

Pemusnaham Ratusan Botol Miras Berbagai Jenis di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Merauke, Papua, Rabu (1/3)

Metro Merauke – Ratusan botol minuman keras (miras) berbagai jenis dimusnahkan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Merauke, Papua, Rabu (1/3).

Ratusan botol miras itu merupakan hasil sitaan ketika Satuan Polisi Pamong Praja dan kepolisian setempat melakukan operasi yustisi medio Oktober hingga Desember 2016.

“Dari operasi itu ada 14 perkara dengan barang sitaan sebanyak 229 botol miras berbagai merk. Uang denda senilai Rp51 juta lebih. Uang itu sudah disetor ke kas negara,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Merauke, Raja Sakti Harahap, Rabu (1/3).

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Merauke, Sularso mengatakan, operasi dan pemusnahan miras merupakan upaya pemerintah menekan angka kriminal di kabupaten itu. Terlebih lagi beberapa waktu lalu, Pemkab Merauke ikut menandatangani pakta integritas pelarangan dan peredaran minuman beralkohol, yang merupakan kebijakan Gubernur Papua.

“Pemda dan aparat akan melakukan upaya penertiban miras tidak berizin dan peredaran tidak pada tempatnya. Kedepan jauh bisa dikendalikan sehingga orang mabuk berkurang dan kenyamanan lebih meningkat,” kata Sularso.

Namun ia mengakui masih ada pihak ketiga yang mengantongi izin penjualan miras. Katanya, pihak ketiga yang membayar pajak dan berkontribusi terhadap daerah masih diberikan toleransi. Hal ini sesuai arahan bupati setempat.

“Nanti kalau masa berlaku izinnya sudah habis, akan dievaluasi. Apakah dihentikan atau diperpanjang. Tentunya melihat situasi dan kondisi di Kabupaten Merauke,” ujarnya.

Menurutnya, adanya peraturan resmi, sudah seharusnya semua pemangku kepentingan mendukung itu. Ini demi terwujudnya visi bupati menjadikan Merauke aman, damai dan sejahtera. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement