Asdep Kemenko Polhukam Kunjungi Merauke

Asdep Kemenko Polhukam Kunjungi Merauke

Pertemuan Asdep 1/VI Kesbang Kemenko Polhukam Lutfi Syaefullah dan Pemda Merauke di Gedung Negara, Rabu (1/3/2017)

Metro Merauke – Asisten Deputi (Asdep) 1/VI Kesbang Kemenko Polhukam, Lutfi Syaefullah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (1/3).

Kunjungan ini untuk memastikan kondisi wilayah perbatasan dan apa saja yang perlu diperhatikan. Apalagi sebagai koordinator wawasan kebangsaan, tugas Lutfi membentuk koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian di daerah-daerah.

Di Merauke, Lutfi Syaefullah bertemu Wakil Bupati setempat, Solarso. Pertemuan singkat digelar di Gedung Negara dengan agenda membahas keamanan dan kerukunan antar umat beragama di Merauke.

“Di sini sudah bagus sekali situasi keamanannya. Termasuk wawasan kebangsaan, kerukunan antar umat beragama. Bagus dan kondusif. Hanya saja perlu sentuhan lebih dibidang pendidikan, sesuai perkembangan zaman agar tidak ketinggalan. Kami akan sampaikan kepada atasan kami,” kata Lutfy kepada wartawan.

Mengenai kerawanan di wilayah perbatasan antar negara menurutnya, bentuknya bisa berupa pengaruh dari negara lain. Untuk itu harus diantisipasi, dijaga agar NKRI tetap aman.

“Jangan sampai kita terpengaruh oleh negara lain. Kalau kita tidak pintar-pintar, tidak arif menyikapinya, kita bisa terpengaruh,” ujarnya.

Katanya, aparat TNI/Polri berkewajiban menjamin keamanan perbatasan. Strategi aman dan nyaman harus dipertahankan dan segera melakukan pencegahan ketika terjadi gejolak. Apalagi, Merauke akan dijadikan contoh kepada daerah lain di Indonesia dalam hal keamanan dan kerukunan antar umat beragama.

Selain bertemu Pemkab Merauke, Lutfi Syaefullah juga menyampaikan ilmu wawasan kebangsaan di Universitas Misamus, bertemu anggota Lantamal XI Merauke dan berkunjung ke Kesbangpol setempat. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement