Wadanlantamal XI: Merauke Butuh 10 Pos AL

Wadanlantamal XI: Merauke Butuh 10 Pos AL

Wakil Komandan Lantamal XI Merauke, Papua, Kolonel Laut (P) Benny Sukandari

Metro Merauke – Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI membutuhkan beberapa Pos Angkatan Laut, guna mengantisipasi kerawanan di wilayah Merauke dan kabupaten sekitarnya, serta menjaga perbatasan perairan negara Indonesia dan Papua Nugini.

Wakil Komandan Lantamal XI Merauke, Kolonel Laut (P) Benny Sukandari, baru-baru ini mengatakan saat ini baru ada tiga Pos AL – Torasi (Merauke), Bade (Mappi) dan Asmat. Selain jumlah pos yang kurang, jumlah personil pun kurang. Seperti di Pos Torasi, hanya ditempatkan 50 personil untuk menjaga perbatasan perairan antarnegara.

“Tapi kekurangan ini juga tergantung tingkat kerawanan. Kalau di wilayah pesisir Merauke ini tidak rawan, tidak perlu banyak pos, dan sebaliknya,” kata Benny.

Lantamal XI membutuhkan 8-10 pos lagi. Sebab, wilayah selatan Papua sebagian besar mencakup perairan, dan sarana utama yang digunakan adalah alat transportasi laut dan sungai.

“Yang kita awasi bukan saja kerawanan, tapi lalu lintas serta jika terjadi kecelakan di laut. Tentunya pertolongan pertamanya ke Angkatan Laut. Lalu adanya pos-pos, kita bisa mengawasi tindakan ilegal di wilayah perairan,” katanya.

Ia menambahkan, personil TNI AL rutin melaksanakan patroli di perbatasan perairan RI-PNG. “Kita mencegah jangan sampai ada narkoba atau barang-barang terlarang masuk Indonesia. Lalu pemboman ikan atau penggunaan troll untuk penangkapan ikan. Itu akan merusak biota laut,” pungkasnya. (Emanuel)

Advertisement