Sunarjo: Butuh Terobosan Untuk Memaksimalkan Program Tol Laut

Sunarjo: Butuh Terobosan Untuk Memaksimalkan Program Tol Laut

Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Merauke, Sunarjo

Metro Merauke – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Merauke, Papua, Sunarjo mengatakan, perlu sebuah terobosan untuk memaksimalkan program tol laut di Merauke.

Program angkutan barang secara terjadwal dengan kapal atau Tol Laut merupakan kebijakan Presiden Joko Widodo untuk menekan disparitas harga di wilayah timur Indonesia, termasuk Merauke.

Namun, beberapa bulan terakhir, program ini tidak maksimal dan kabarnya kapal tol laut sudah tidak lagi masuk pelabuhan Merauke. Ada berbagai kendala, di antaranya lama waktu pelayaran dan muatan dari Merauke kurang banyak.

Menyikapi hal ini, Sunarjo berharap pelaku usaha bisa meningkatkan jumlah komoditi yang dipasarkan keluar daerah. Untuk memanfaatkan tol laut, katanya, hasil pertanian yang menjadi komoditas unggulan Merauke bisa dipasok keluar daerah.

“Kita tengah melakukan terobosan, komoditi apa saja yang bisa dikirim keluar sehingga tol laut tidak kosong dari sini,” katanya, Senin (27/2).

Kendala lain yang menyebabkan program itu kurang efektif, adalah terkait rute kapal yang cukup panjang. Sehingga kurang diminati oleh pengusaha.

Terkait beberapa kendala, ia juga berhadap ada evaluasi dari aspek pelayanan, termasuk harga barang per kontainernya. “Kalau mengenai rute, menjadi kewenangan PT Pelni,” tandasnya. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement