Napi Lapas Merauke Dibekali Berbagai Keterampilan

Napi Lapas Merauke Dibekali Berbagai Keterampilan

Kepala Lapas Kelas II B Merauke, Papua, Suroto

Metro Merauke – Tahun ini, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Merauke, Papua, memprogramkan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi warga binaannya, dengan menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) setempat.

Rencananya, 40 warga binaan diajari cara membuat batako, membuat perlengkapan rumah tangga (kursi, meja dan lemari) atau meubeler di BLK Merauke.

Kepala Lapas Kelas II B Merauke, Suroto mengatakan, program tersebut dilaksanakan secara rutin. Pelatihan itu sangat penting, karena akan menjadi bekal atau modal usaha bagi narapidana.

“Keterampilan menjadi modal bagi mereka. Sehingga saat bebas nanti, mereka sudah punya usaha sendiri dan hidup mandiri,” kata Suroto.

Ia menyebut, ada 264 warga binaan di Lapas Merauke. Program pembinaan, pendidikan maupun pelatihan semata-mata untuk memberdayakan bakat dan keahlian narapidana. “Mereka memiliki potensi yang dapat disalurkan hingga lebih berdaya guna dan pada akhirnya tidak mengulangi perbuatannya,” kata dia.

Selain diajarkan keterampilan membuat meubeler dan batako, Lapas juga membekali narapidananya di bidang pertanian, peternakan dan teknologi komputer. “Dengan dilatih keterampilan mandiri, pengetahuan mereka bertambah dan menjadi bekal setelah keluar nanti,” imbuhnya. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement