Mabesal Diminta Datangkan ‘Rumah Sakit Terapung’ ke Merauke

Mabesal Diminta Datangkan ‘Rumah Sakit Terapung’ ke Merauke

KRI. dr. Soeharso, Rumah Sakit Terapung milik TNI AL (istimewa)

Metro Merauke – Lantamal XI, Merauke, Papua mengajukan permohonan kepada Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) agar KRI. dr. Soeharso, yang merupakan Rumah Sakit Terapung milik TNI AL didatangkan ke Merauke guna pelayanan.

“Ini baru pengajuan karena biasanya setiap tahun itu ada misi kemanusiaan, khususnya di bidang kesehatan. TNI AL punya Kapal Rumah Sakit Kelas I,” katanya, kemarin.

Menurut Kolonel Benny, rumah sakit terapung itu bisa didatangkan ke Merauke. Tetapi dengan catatan, pasien sudah didata atau disiapkan. Sehingga ketika kapal datang, langsung dilakukan pelayanan.

“Dinas Kesehatan Merauke juga perlu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan AL di Merauke, guna mempersiapkan secara matang. Termasuk penyakit apa yang dominan di sini dan berapa banyak pasiennya,” katanya lagi.

Dijelaskan, pelayanan rumah sakit terapung langsung dilakukan di dalam kapal yang berlabuh di dermaga. “Kalau susah masuk dermaga, bisa buang jangkar, dan pasien diantar pakai speedboat. Seperti yang dilakukan di beberapa daerah,” tuturnya.

Dokter dan perawat di KRI dr. Soeharso tidak hanya dari TNI Angkatan Laut saja. Tetapi juga dari beberapa universitas kedokteran di Indonesia.

“Pelayanan macam-macam, operasi kanker, tumor, katarak dan sebagainya. Kapal ini pernah melakukan misi kemanusiaan di negara tetangga, Timor Leste,” ujarnya. (Emanuel)

Advertisement