Gara-gara Polemik Freeport, Masyarakat Papua Terpecah Dua

Gara-gara Polemik Freeport, Masyarakat Papua Terpecah Dua

Diskusi Polemik Republik Freeport | Adiatmaputra Fajar Pratama/Tribunnews.com

Metro Merauke – Ketua Gerakan Papua Optimis Jimmy Demianus Ijie menjelaskan masyarakat Papua terbagi menjadi dua bagian sekarang ini. Menurut Jimmy ada warga yang membela PT Freeport Indonesia dan ada yang mendukung pemerintah Indonesia di dalam arbitrase di dalam polemik.

“Kalau ada orang yang mendapatkan manfaat mereka akan menyatakan membela Freeport Indonesia. Tapi mayoritas orang Papua bilang berdiri di belakang pemerintah,” ujar Jimmy di Jakarta, Sabtu (25/2). Jimmy memaparkan ada sebagian besar masyarakat Papua sudah berada di Jakarta.
Mereka ingin berdialog dengan Presiden dan para menteri membahas polemik Freeport.

“Ada beberapa tokoh Papua itu sekarang ada di Jakarta ingin bertemu dengan Presiden, Menko Maitim dan Menteri ESDM. Mereka ingin sampaikan kesamaan sikap dengan pemerintah,” ujar Jimmy. Jimmy memaparkan alasan mayoritas warga Papua membela sikap pemerintah, karena selama ini tidak pernah merasakan keuntungan dari kehadiran Freeport Indonesia.

“Itu bertolak ukur atas apa yang dirasakan Papua selama 50 tahun Freeport Indonesia ada di Papua, yang dirasakan masyarakat hanya air mata dan darah,” katanya. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Sumber: tribunnews.com

Advertisement