Distanbun Nabire dan Kodim Paniai Sosialisasikan Upaya Perluasan Lahan

Distanbun Nabire dan Kodim Paniai Sosialisasikan Upaya Perluasan Lahan

Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Nabire, dan Kodim 1705/Paniai menggelar pertemuan sosialisasi upaya perluasan lahan sawah di kampung Jaya Mukti, Distrik Yaro, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, Kamis (23/2) | Foto: Istimewa/Pendam XVII/Cenderawasih

Metro Merauke – Nantinya kami dari Dinas Pertanian hanya akan melakukan pengawasan dan perencanaan sedangkan untuk pelaksanaan perluasan cetak sawah akan dilaksanakan oleh anggota kelompok tanam didampingi oleh jajaran Kodim 1705/Paniai. Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Nabire, dan Kodim 1705/Paniai menggelar pertemuan sosialisasi upaya perluasan lahan sawah di kampung Jaya Mukti, Distrik Yaro, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, Kamis (23/2). Program sosialisasi itu melibatkan kelompok tani binaan Kementerian Pertanian dan TNI-AD, yang sumber dananya dari Dipa TP-PSP Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Nabire Tahun Anggaran 2017.Nabire.

Kampung Jaya Mukti dahulu mempunyai areal persawahan, tetapi karena kampung itu merupakan dataran rendah yang menjadi langganan banjir sehingga pemerintah menganjurkan untuk menanam Kakao di lahan tersebut. Namun, dengan adanya program perluasan sawah itu diharapkan dapat mengalih fungsikan lahan-lahan perkebunan yang ada menjadi lahan padi, yang telah diawali dengan pembentukan kelompok tani “Trumbus” yang di pimpin oleh Abubakar.

Pada momentum sosialisasi itu, Kepala Bidang Tanam Pangan Kabupaten Nabire, Ir Abubakar menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan program pemerintah pusat bekerja sama dengan Distanbun Nabire dan TNI-AD. Program tersebut menyasar areal persawahan seluas 80 hektare di kampung Jaya Mukti. “Nantinya kami dari Dinas Pertanian hanya akan melakukan pengawasan dan perencanaan sedangkan untuk pelaksanaan perluasan cetak sawah akan dilaksanakan oleh anggota kelompok tanam didampingi oleh jajaran Kodim 1705/Paniai,” ujar Abubakar.

Sementara itu, Danramil 1705-01/Nabire, Mayor Kav Syahrul Hidayat berharap masyarakat mendukung kegiatan itu dan membuktikan kepada daerah lain bahwa masyarakat Kampung Jaya Mukti juga bisa bersaing dalam bidang pertanian meskipun daerah itu tergolong baru dalam sektor pertanian”. “Dari tiap-tiap kampung, termasuk kampung Jaya Mukti, kami dari Kodim  1705/Paniai telah menugaskan Babinsa-babinsa handal sebagai mitra kerja yang akan terjun langsung di lapangan bersama warga. Apabila masyarakat mendapatkan kendala dalam pelaksanaan program ini silahkan disampaikan kepada Babinsa masing-masing wilayah untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Turut hadir dalam momentum sosialisasi itu Kapospol Distrik Yaro Aiptu Adi Prayitno SH, Kepala Desa Jaya Mukti Karungga Kogoya, Staf Distrik Yaro Yulianus Kegiye, PPL Jaya Mukti Ridwan Syahid, ketua kelompok tani Trubus Abubakar dan seluruh anggota kelompok Tani Trubus, Kampung Jaya Mukti. (***/adv)

Sumber: antara papua.com

Advertisement