Pemkab Diminta Perhatikan Anak Jalanan di Merauke

Pemkab Diminta Perhatikan Anak Jalanan di Merauke

Anggota DPRD Kabupaten Merauke, Hendrikus Hengky Ndiken

Metro Merauke – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Papua, Hendrikus Henky Ndiken meminta pemerintah agar lebih peduli terhadap kondisi anak-anak jalanan, terutama yang menghirup lem aibon di Kota Merauke.

Terutama juga, menurut Hengky, sebagian besar mereka adalah anak-anak asli Papua yang harusnya bersekolah. “Ini kondisi memprihatinkan yang terlihat di Kota Merauke. Anak-anak asli Papua banyak mengisap lem aibon dan menjadi pengemis,” katanya, kemarin.

Menurut dia, pemerintah adalah lembaga yang besar sehingga tidak perlu beralasan bahwa sulit menangani persoalan itu. “Kalau pun mereka bukan berasal dari daerah ini, Pemda Merauke perlu berkoordinasi dengan kabupaten tetangga, daerah asal mereka,” ujarnya.

Selain persoalan anak jalanan yang mengonsumsi aibon, beberapa permukiman masyarakat asli Papua juga perlu diperhatikan. Sebab rumah tempat mereka berlindung sudah sangat tidak layak.

“Wajib hukumnya bagi Dinas Sosial karena mereka dibentuk sebagai lembaga untuk menanggulangi persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kemanusiaan,” tuturnya. (Ansar/Emanuel)

Advertisement