Pagu Belum Turun, Distribusi Raskin Merauke Terhambat
Ekonomi

Pagu Belum Turun, Distribusi Raskin Merauke Terhambat

Metro Merauke – Hingga kini, plafon anggaran beras miskin (Raskin) untuk masyarakat Kabupaten Merauke, Papua tahun 2017 belum juga turun ke Badan Urusan Logistik Sub Divre Merauke.

“Pagu raskin belum turun dari provinsi, jadi raskin untuk masyarakat di Kabupaten Merauke belum bisa didistribusikan,” kata Kepala Bulog Sub Divre Merauke, Haryo Nugroho Broto, Jumat (24/2).

Haryo mengaku ia tidak mengetahui apa sebabnya sehingga plafon anggaran raskin belum turun. “Tidak tahu apa kendalanya, kami baru mendapat kabar sudah turun dari pusat ke provinsi,” katanya lagi.

Ia sangat berharap pagu raskin segera dikirim ke Merauke, agar penyaluran beras miskin cepat dilakukan. Setelah plafon anggarannya turun, lanjut dia, Pemkab Merauke akan menerbitkan surat keputusan (SK) Bupati, yang secara rinci mengatur kuota raskin di setiap distrik.

“Sekarang kita belum bisa prediksi berapa total pagu rakin tahun 2017. Apakah naik atau turun dari tahun lalu, karena masih diproses di tingkat provinsi,” ujarnya.

Bila mengacu proses ditribusi tahun lalu, katanya, di bulan Februari sudah harus dilakukan sosialisasi dan selanjutnya penyaluran beras kepada penerima manfaat. Namun hingga kini belum dapat dilaksanakan tahapan itu, karena pagunya belum turun. “Kita harapkan segera turun dan raskin cepat didistribusikan untuk membantu kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Selain Merauke, pendistribusian raskin oleh Bulog Subdivre Merauke mencakup Kabupaten Asmat, Mappi, Boven Digoel dan Yahukimo. (Nuryani/Emanuel)

Kepala Bulog Sub Divre Merauke, Haryo Nugroho Broto

Post Comment