Maret 2017, Polda Papua Siap Rekrut Ratusan Anggota Polri

Maret 2017, Polda Papua Siap Rekrut Ratusan Anggota Polri

Sosialisasi penerimaan anggota Polri tahun 2017 di SMA Negeri I Merauke, Jumat (24/2)

Metro Merauke – Bagian Sumber Daya Manusia Kepolisian Darah (Polda) Papua melakukan sosialisasi penerimaan anggota Polri di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Merauke, Jumat (24/2).

Perekrutan anggota polisi baru di Papua direncanakan pada bulan Maret 2017 mendatang, dengan kuota yang ditentukan Markas Besar Polri sekitar 300-an orang.

Kepala Biro SDM Polda Papua, Kombespol Ida Bagus Putra mengatakan khusus Papua, kuota untuk Akademi Polisi sebanyak 12 orang, 300 orang brigadir, 50 orang tamtama, dan 2 SIPSS. “Sekitar 300-an yang akan kita rekrut tahun ini dan kuotanya ditentukan oleh Markas Besar Polri,” kata Bagus usai membuka kegiatan sosialisasi di Merauke.

Ia menjelaskan, dari kuota yang ditentukan itu, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw merekomendasikan agar 70 persennya untuk orang asli Papua, dan 30 persen untuk warga non Papua. “Untuk mewujudkan rekomendasi dari Mabes dan Kapolda, kami dari SDM turun ke lapangan melakukan sosialisasi kepada calon-calon anggota Polri tentang syarat-syarat dan lainnya,” katanya.

Kombespol Bagus menegaskan, apabila dalam proses perekrutan anggota Polri pada Maret 2017 nanti ditemukan adanya oknum-oknum yang melakukan pungutan, hendaknya dilaporkan. “Selain di Merauke, kami juga akan sosialisasi di Kabupaten Mimika, Nabire, Biak dan Wamena, termasuk Pegunungan Bintang dan Kabupaten Asmat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Merauke Frederikus Gebze mengajak siswa-siswi, terutama anak asli Papua untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Karena yang diprioritaskan adalah putra-putri pribumi. (Getrudis/Emanuel)

Advertisement