BCA Berencana Akuisisi Dua Bank Kecil Tahun Ini

BCA Berencana Akuisisi Dua Bank Kecil Tahun Ini

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja di Jakarta, beberapa waktu lalu | Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.com

Metro Merauke – PT Bank Central Asia Tbk menyatakan tetap ingin melakukan akuisisi terhadap dua bank kecil pada tahun 2017 ini. Rencana aksi korporasi tersebut sudah digulirkan sejak tahun lalu, namun terhambat karena beberapa alasan (Rencana) anorganik kita masih planning akuisisi dua bank kecil yang tahun lalu belum berhasil,” ujar Presiden Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja di kantornya di Jakarta, Rabu (22/2).

Jahja menyebut, tertundanya akuisisi terhadap dua bank kecil tersebut pada tahun 2016 lantaran situasi yang tidak terlalu mendukung. Diberlakukannya program pengampunan pajak (tax amnesty) dan tidak kondusifnya situasi makroekonomi menjadi beberapa alasan. Jahja menyatakan, pihaknya berharapnya kondisi perekonomian pada tahun 2017 ini lebih bagus dan positif. Dengan demikian, BCA bisa meneruskan rencananya untuk mengakuisisi dua bank kecil.

Terkait bank yang akan dicaplok, Jahja mengaku pihaknya masih memilih-milih dan menjatuhkan pilihan.  Layaknya mencari jodoh, terkadang pencarian kandidat yang tepat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Menurut Jahja, perseroan akan melihat strategi lebih lanjut terkait mengakuisisi satu per satu atau langsung keduanya lalu di-merger. Namun demikian, kemungkinan besar keduanya akan di-merger apabila sudah menemukan pilihan yang tepat.

Bank yang akan diakuisisi tersebut menurut Jahja akan difokuskan ke segmen digital. Dengan demikian, sebagai anak perusahaan, bank itu bisa berinovasi lebih leluasa dalam menghadirkan layanan perbankan digital. (Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Sumber: kompas.com

Advertisement