Perusahaan Diminta Berkontribusi dalam Pembangunan Daerah

Perusahaan Diminta Berkontribusi dalam Pembangunan Daerah

Workshop Forum Komunikasi Human Resources (HR) di Merauke, Selasa (21/2)

Metro Merauke – Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua, Agustinus Joko Guritno meminta seluruh perusahaan di Merauke bersinergi dengan pemerintah daerah dan mendukung kegiatan pembangunan.

Salah satu kontribusi yang diharapkan dari perusahaan adalah meningkatkan kualitas ketenagakerjaan, termasuk memperhatikan upah karyawannya.

Penegasan itu disampaikan Joko Guritno saat membuka Workshop Forum Komunikasi Human Resources (HR) untuk menyusun struktur dan skala upah di Merauke, Selasa (21/2).

Menurutnya, perusahaan dapat menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan kualitas ketenagakerjaan. Mereka diminta tidak semata-mata menggantungkan harapan adanya proyek pemerintah. Mengingat pihak swasta sebagai pilar pembangunan, yang bersinergi dengan pemerintah.

“Perusahaan perlu membangun sinergitas antardunia industri, masyarakat dan pemerintah daerah. Sebenarnya pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, butuh dukungan semua pihak,” kata Guritno.

Ia sangat berharap melalui forum komunikasi HR dalam menyusun struktur dan skala upah, dapat mengakomodir berbagai persoalan yang ditemukan di lapangan. Sehingga nantinya hasil kesepakatan itu diterapkan kembali oleh setiap perusahaan.

Ketua Panitia, Duriyat menjelaskan seminar tersebut merupakan tindak lanjut hasil rapat bersama Dinas Tenaga Kerja dan sejumlah perusahaan di Merauke untuk membahas pembentukan forum komunikasi HR.

Workshop dirancang untuk memberikan pemahaman mutahir dalam memahami, mengevaluasi dan merancang upah yang selaras dengan kebutuhan perusahaan yang disesuaikan pula dengan kepentingan karyawan. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement