Jelang Pleno KPU, Polisi Tingkatkan Pengamanan di Mappi

Jelang Pleno KPU, Polisi Tingkatkan Pengamanan di Mappi

Warga Kota Keppi, Mappi, Papua mendatangi salah satu TPS untuk ikut pencoblosan, Rabu (15/2) lalu

Metro Merauke – Kepolisian Resort Mappi, Papua menempatkan satu pos pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, menjelang rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara para kandidat dalam Pilkada Mappi tahun 2017.

Rapat pleno tingkat kabupaten dijadwalkan Rabu (22/2) hingga Jumat (24/2), dan akan ditetapkan pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak.

Kapolres Mappi, Ajun Komisaris Besar Polisi Wartono mengatakan pihaknya menempatkan 25 personil di pos tersebut, guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan saat proses rekapitulasi berlangsung. “Mulai hari ini sudah kita tempatkan 25 personil di KPU,” kata AKBP Wartono kepada Metro Merauke melalui telpon, Selasa (21/2).

Tak hanya di Kantor KPU, Polres Mappi juga menempatkan 15 anggotanya di Kantor Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat.

Meski hingga kini situasi kamtibmas berkaitan dengan Pilkada 2017 terpantau kondusif, namun sesuai instruksi Kapolri, Jenderal Tito Karnavian agar jajarannya meningkatkan pengamanan saat pleno perhitungan suara. “Kami tidak mau kecolongan serta mengambil resiko keamanan dalam pleno Pilkada,” kata Kapolres.

AKBP Wartono menambahkan pihaknya memberikan perhatian yang serius terhadap masalah keamanan dalam moment Pilkada 2017 di Mappi. Personil bantuan dari polres tetangga – Asmat, Boven Digoel dan Merauke masih tetap disiagakan hingga penetapan pemenang Pilkada selesai. “Saya sudah ajukan perpanjangan ke Kapolda Papua hingga 25 Februari 2017, sebelumnya pengamanan sampai 20 Februari,” ujarnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Mappi, karena telah ikut menjaga dan mensukseskan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati di daerah itu. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement