“Drone” Penyembur Api Dipakai Bersihkan Sampah

“Drone” Penyembur Api Dipakai Bersihkan Sampah

Drone dengan penyembur api tengah dipakai membakar sampah di tiang listrik di Xiangyang, China | Weibo

Metro Merauke – Penduduk kota besar pasti pernah melihat sampah tersangkut di tiang atau kabel listrik, entah layangan, balon, atau benda lain. Membersihkan sampah-sampah tersebut adalah hal berbahaya karena mengundang risiko sengatan listrik, selain sulit dijangkau.

Nah, ketimbang mempertaruhkan nyawa petugas, sebuah perusahaan listrik di Xiangyang, China, berinisiatif memakai drone yang dipasangi penyembur api (flame thrower) untuk membakar sampah di tiang atau kabel listrik.

Drone yang dipakai adalah model S1000+ buatan DJI. Wahana terbang nirawak dengan delapan baling-baling itu dipasangi perlengkapan penyembur api yang beratnya 11 kg dan dikendalikan lewat radio control 14 kanal.

Petugas menerbangkan drone dengan penyembur api | Wang Hu/VCG

Dengan api yang panasnya mencapai 400 derajat celsius, sampah pun bisa dibersihkan dalam waktu singkat. Kabel listrik sendiri tak mengalami kerusakan karena terbuat dari baja berlapis aluminium.

“Sampah-sampah yang biasanya terbuat dari plastik itu akan langsung terbakar,” ujar Zhang Han, salah satu penanggungjawab maintenance kabel listrik di perusahaan yang bersangkutan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Selasa (20/2) kemarin.

Perusahaan-perusahaan listrik di daerah lain di China, seperti Sichuan, Anshun, dan Hangzhou, kabarnya telah menerapkan metode serupa dengan drone untuk membersihkan kabel-kabel listrik dari sampah yang mengganggu. (Oik Yusuf)

Sumber: Kompas Tekno

Advertisement