Mantan Pejabat Diminta Kembalikan Aset Daerah Merauke

Mantan Pejabat Diminta Kembalikan Aset Daerah Merauke

Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze

Metro Merauke – Para mantan pejabat di Merauke, Papua yang masih menggunakan aset daerah, berupa kendaraan dinas, diminta segera mengembalikannya kepada pemerintah setempat.

Hal itu disampaikan Bupati Merauke, Frederikus Gebze, Senin (20/2). Freddy mengatakan pemerintah daerah akan melakukan pendataan kembali aset bergerak, bukan melakukan pengadaan kendaraan baru. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan tugas dan pelayanan para pejabat.

“Kami meminta kepada seluruh mantan pejabat Pemda Merauke, dengan kesadaran, pemahaman dan untuk mendukung pelayanan publik kepada masyarakat, kembalikan kendaraan dinas yang belum dikembalikan,” Bupati Freddy.

Dikatakan, pendataan aset bergerak dan tidak bergerak telah direkomendasikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk kestabilan neraca aset daerah. Beberapa aset iti di antaranya, rumah dinas, kendaraan dinas, kapal dan lainnya yang dipakai untuk menunjang tugas-tugas pemerintah daerah.

“Apabila sudah tidak melaksanakan tugas, kita wajib mengembalikan aset-aset daerah yang dipakai selama menjabat,” ujarnya.

Sejauh ini, tambahnya, baru empat mobil dinas yang dikembalikan oleh mantan pejabat, dan akan dipakai oleh sejumlah dinas yang masih kekurangan mobil operasional.

“Pendataan semua aset pemerintah masih berjalan. Ini dilakukan untuk mengetahui pasti jumlah aset bergerak dan tidak bergerak milik Pemkab Merauke,” imbuhnya. (Getrudis/Emanuel)

Advertisement