Meriahkan HUT Kota Merauke, Seniman Budaya Gelar Parade Kandara

Meriahkan HUT Kota Merauke, Seniman Budaya Gelar Parade Kandara

Bupati Merauke, Frederikus Gebze dan Wakilnya, Sularso ikut menabuh kandara (tifa/gendang)

Metro Merauke – Ratusan seniman budaya dari sejumlah distrik di Kabupaten Merauke, Papua menggelar parade kandara (tifa/gendang) dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Kota Merauke ke-115 tahun ini.

Parade tifa dimulai dari Lingkaran Brawijaya (Libra), Sabtu (18/2) dan berakhir di Gedung Olahraga Hiad Sai. Sejumlah pejabat tak ketinggalan mengikuti parade ini. Masyarakat dari beberapa kampung tampil mengenakan atribut adat, mereka menari bergilir mengikuti irama kandara yang ditabuh.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze saat menerima ratusan penabuh kandara di GOR Hiad Sai, mengatakan masyarakat dan pemerintah perlu menjaga dan melestarikan seni budaya tradisional.

Ia berharap dalam berbagai iven, kesenian daerah harus ditampilkan agar kekayaan budaya tetap terlestari. Termasuk parade kandara yang diikuti para seniman dari sejumlah distrik.

Menurutnya parade kandara yang digelar Sabtu (18/2) akan menjadi cikal bakal kegiatan peningkatan adat dan budaya di selatan Papua. “Ivent seperti ini menjadi penting dilakukan, sebagai wahana pelestarian budaya lokal dan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas,” katanya.

Peningkatan dan pelestarian budaya di Merauke selaras dengan poin delapan poin misi Bupati dan Wakil Bupati, yakni penguatan identitas lokal atau kearifan budaya. Hal itu, kata Bupati Freddy patut diterjemahkan dalam program instansi teknis.

Pemerintah harus memfasilitasi dan mendukung kemajuan seni budaya lokal. Namun di sisi lain, masyarakat adat diajak turut menjaga dan melestarikan budayanya. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement