Setahun Memimpin Merauke, Wabup Sularso Akui Banyak Kekurangan

Setahun Memimpin Merauke, Wabup Sularso Akui Banyak Kekurangan

Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze dan Wakilnya, Sularso

Metro Merauke – Jumat besok 17 Februari 2017, genap satu tahun Bupati Frederikus Gebze dan Wakilnya, Sularso memimpin Kabupaten Merauke, Papua. Pemerintah setempat terus berupaya mendorong pembangunan di berbagai sektor.

Wakil Bupati Sularso mengakui dalam setahun masa kepemimpinan, masih banyak “pekerjaan rumah” yang perlu diselesaikan. Terutama untuk merealisasikan visi-misi yang diusung saat kampanye Pilkada 2015 lalu.

Katanya, berbagai hal telah diperbuat, di antaranya melakukan pembenahan dan penguatan struktur organisasi birokrasi. Namun begitu, masih banyak juga persoalan yang belum ditangani serius oleh pemerintah. “Saya jujur akui masih banyak kendala hal yang perlu dibenahi,” ungkap Wabup Sularso kepada wartawan, Kamis (16/2).

Salah satu persoalan yang belum tuntas adalah berkaitan pendidikan, terutama di daerah pedalaman Merauke. Meski pembangunan pendidikan berjalan, namun tetap saja salah satu program prioritas pemerintah itu dirasakan masih belum maksimal.

“Masalah pendidikan itu memang sangat rumit, ini butuh kerja sama dengan semua komponen untuk mengatasinya,” kata Sularso.

Wabup Sularso mengatakan dalam satu tahun kepemimpinan, pihaknya melakukan evaluasi. Hal itu dilakukan agar berbagai program prioritas – infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pertanian terus dibenahi dan didorong pembangunannya. “Program-program ini tetap menjadi fokus pembangunan di tahun kedua,” ujarnya.

Segenap satuan perangkat kerja daerah (SKPD) diminta mendukung visi-misi bupati dan wakil bupati. Instansi-instansi diminta “ergerak cepat” merealisasikan program dan kegiatan setelah menerima daftar pelaksanaan anggaran (DPA) tahun ini.

“Yang paling penting juga masyarakat terlibat dalam pembangunan, bergandengan tangan dengan pemerintah. Kami tak mungkin bisa bekerja sendiri,” imbuhnya. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement