Panwas Pilkada Jayapura Periksa 40 Warga Terkait Dugaan Kecurangan

Panwas Pilkada Jayapura Periksa 40 Warga Terkait Dugaan Kecurangan

Metro Merauke – Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kabupaten Jayapura memeriksa 40 warga yang kedapatan membawa surat undangan yang bukan miliknya untuk kepentingan pencoblosan di sejumlah TPS. “Sejauh ini sebanyak 40 warga yang kami minta keterangan terkait berbagai dugaan kecurangan atau pelanggaran, diantaranya membawa undangan yang bukan miliknya,” kata Ketua Panwas Jayapura Ronald Manoach di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu.

Dari 40 warga itu, kata dia, lima diantaranya ditemukan saat akan mencoba lakukan pencoblosan di TPS 5 di salah satu kompleks perumahan BTN Doyo Baru. “Namun sebelum hal itu terjadi, kami sudah menerima laporan dari saksi, KPSS, polisi dan warga, bahwa ada yang mau coblos tapi bukan namanya,” katanya.

Ketika disinggung soal jalannya pencoblosan, Ronald mengklaim bahwa secara umum berjalan lancar dan aman, belum ditemukan persoalan yang bisa menggangu jalannya pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Jayapura. “Secara umum berjalan lancar, memang ada di beberapa TPS terjadi pelangaran dan di TPS lainnya tidak,” kata Ronald.

Hal senada dismapaikan Kapolres Jayapura AKB Gustva Urbinas. “Sejauh ini belum ada laporan yang mengatakan tidak aman, semua berjalan aman dan lancar. Kami terus lakukan patroli sejak kemarin malam hingga hari ini. Memang ada riak-riak kecil tapi itu bisa ditangani dengan baik dan bijak,” katanya. Kapolres mengimbau agar masyarakat Kabupaten Jayapura turut serta menjaga dan menciptakan situasi yang aman, nyaman dan kondusif hingga pesta demokrasi yang akan melahirkan pemimpin yang baru bisa terjadi. (Alfian Rumagit)

Sumber: antarapapua.com

Advertisement
Sejumlah warga yang diangkut menggunakan mobil oleh Panwas dan Tim Gakkumdu didukung polisi untuk dibawa ke Mapolres Jayapura guna dimintai keterangan, Rabu (15/2). | Foto: Antara Papua/Alfian Rumagit