Lantamal XI dan DLH Merauke Tanam 4.000 Pohon

Lantamal XI dan DLH Merauke Tanam 4.000 Pohon

Anggota TNI AL menanam pohon di Mako Lantamal XI Merauke, Papua, Kamis (16/2)

Metro Merauke – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merauke, Papua bersama Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lantamal) XI melakukan penanaman pohon di lingkungan markas Komando Lantamal XI, Kamis (16/2).

“Ini bagian dari kepedulian kita kepada lingkungan. Secara umum, Papua masih hijau. Tetapi secara tidak sadar, kita melaksanakan pembangunan, buka lahan terjadilah pengurangan hutan. Jangan sampai kita lupa untuk mengembalikan pohon yang sudah kita tebang,” kata Komandan Lantamal XI, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suhartono.

Brigjen Suhartono menyebut pihaknya menanam 4.000 anakan pohon dari berbagai jenis – anakan jati, trambesi, palem dan sengon. Hal itu dilakukan semata-mata agar kelestarian lingkungan tetap terjaga dan terlihat asri.

“Kita tanam di lingkungan kantor maupun di perumahan yang belum ditanami pohon. Ada 2.000 pohon yang ditanam di Mako Lantamal dan 2.000 lagi di Batalion Yonmarhanlan XI,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Merauke, Harmini menjelaskan masyarakat maupun instansi harus berinisiatif menanam pohon, tidak hanya menunggu program pemerintah.

“Kesadaran untuk menjaga dan merawat pohon di Merauke masih rendah. Tapi kami akan melakukan kerja sama dengan insntasi-instansi, seperti TNI-Polri untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” pungkasnya. (Getrudis/Emanuel)

Advertisement