Kondisi Papua Aman Terkendali Pascapencoblosan

Kondisi Papua Aman Terkendali Pascapencoblosan

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw | SP/Roberth Isidorus

Metro Merauke – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan situasi keamanan diwilayah hukum Polda Papua selama pemungutan suara dalam keadaan baik. “Hingga saat ini kondisi kamtibmas di Papua aman dan terkendali walaupun ada beberapa kejadian yang terjadi namun tidak meluas,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw seusai melakukan kunjungan kerja kedua kabupaten yang masuk kategori rawan di Jayapura, Rabu (15/2) kemarin.

Dua kabupaten yang masuk kategori rawan yaitu Kabupaten Tolikara dan Kabupaten Lanny Jaya. Kapolda mengatakan, aman dan terkendalinya kondisi keamanan yang terjadi pascapemungutan suara disebabkan makin meningkatnya kesadaran masyarakat. Kondisi ini diharapkan dapat terus dipertahankan hingga saat pengumuman pemenang pasangan calon dan bila tidak puas dapat melakukannya melalui jalur hukum.

“Mudah-mudahan kondisi seperti ini dapat terus terjaga,” harap kapolda seraya mengatakan ada beberapa insiden yang terjadi selama pencoblosan diantaranya aksi membawa lari surat suara di Kabupaten Puncak Jaya.

Selain itu penundaan atau pemungutan suara susulan di Kabupaten Tolikara serta penangkapan pelaku politik uang atau “money politics” di Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mappi. “Khusus kasus politik uang saat ini ditangani sentra gakumdu Polres Jayapura dan Polres Mappi,” tegas kapolda. (CAH)

Sumber: beritasatu.com/Antara

Advertisement