Alexander: Pilkada Mappi Hanya Satu Putaran

Alexander: Pilkada Mappi Hanya Satu Putaran

Warga Kota Keppi, Mappi, Papua mendatangi salah satu TPS untuk ikut pencoblosan, Rabu (15/2)

Metro Merauke – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mappi, Papua, Alexander R.I Nemo mengatakan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah hanya berlangsung satu putaran.

“Siapapun pasangan yang mendapatkan suara terbanyak itulah pemenangnya. Tidak ada Pilkada putaran kedua,” kata Alexander kepada Metro Merauke, Kamis (16/2).

Sehari pasca pencoblosan, KPU masih menunggu hasil perolehan suara dari tiap distrik. “Kita masih menunggu hasil dari distrik hingga 24 Februari dilakukan pleno,” ujarnya.

Dikatakan, dari 101 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2017, hanya Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yang bisa menggelar Pilkada dua putaran, karena ada undang-undang khusus yang mengaturnya.

Sehingga, katanya lagi, dengan tidak adanya putaran kedua Pilkada serentak, siapapun pasangan calon (Paslon) yang keberatan dengan hasil perolehan suara bisa menempuh jalur hukum, yakni ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Kalau ada yang keberatan bisa menempuh jalur ke MK, itu mekanismenya,” tutur Alexander.

Informasi yang dihimpun Metro Merauke, Kamis (16/2) siang, tim sukses dan pendukung Paslon Nomor 2, Rito-Jaya melakukan konvoi dan mengklaim menang berdasarkan perhitungan cepat sementara. “Kami minta supaya tidak melakukan eforia yang berlebihan, demi menjaga kamtibmas di daerah. Nanti pleno penetapannya baru tanggal 24 Februari untuk mengetahui secara pasti,” imbuhnya. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement