Pemerintah PNG Sambut Baik Pengiriman Beras Indonesia

Pemerintah PNG Sambut Baik Pengiriman Beras Indonesia

Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman secara simbolis memberikan beras Merauke kepada Konsul Jenderal PNG untuk Indonesia di Jayapura, Mr Geifrey Wiri, Senin (13/2)

Metro Merauke – Pemerintah Papua Nugini (PNG) menyambut baik pengiriman beras Merauke, Indonesia ke negara itu, sebab harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding mengimpor dari Vietnam dan Thailand.

“Untuk harga memang beras Indonesia sangat murah dibanding dari negara lain. Untuk kawasan Asia Pasifik, kami sangat beruntung kalau diimpor dari Indonesia, Merauke,” kata Konsul Jenderal PNG untuk Indonesia di Jayapura, Mr Geifrey Wiri saat kunjungan ke Merauke, kemarin.

Menurut dia, masyarakat PNG juga mengonsumsi beras layaknya masyarakat Papua di Merauke. Hanya saja selama ini pihaknya mendatangkan beras dari Thailand dan Vietnam, dan pada tahun ini baru disepakati pengiriman beras Indonesia ke PNG. “Peluncuran ekspor beras ke PNG cukup mengejutkan saya karena ini pertama kali kami impor dari Indonesia,” katanya.

Sebelumnya Senin (13/2), Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan launching ekspor beras Indonesia ke PNG di Merauke. Mentan Amran dalam kesempatan itu mengajak warga PNG mengosumsi beras Indonesia sebab aman untuk kesehatan.

“Jangan lagi ambil dari negara lain, harus ambil dari Merauke. Kalau kurang beras nanti saya kirim dari Sulawesi Selatan,” katanya.

Ia berpesan kepada bupati agar langkah baik itu tidak terhenti di situ, melainkan terus dilanjutkan sebab memberikan peluang pasar yang besar bagi petani padi di Merauke. “Hari ini memulai ekspor jangan hari ini juga menghakhiri, harus lanjut,” imbuhnya. (Ansar/Emanuel)

Advertisement