Hanya 5 Kabupaten di Papua yang Potensial Kembangkan Padi

Hanya 5 Kabupaten di Papua yang Potensial Kembangkan Padi

Gubernur Papua, Lukas Enembe mendampingi Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat panen padi di Merauke, Senin (13/2)

Metro Merauke – Gubernur Papua, Lukas Enembe menyebut dari 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua, hanya lima kabupaten yang sangat potensial untuk pengembangan tanaman padi.

“Selain Merauke, ada juga Nabire, Jayapura, Keerom dan Kepulauan Yapen, ini lahan yang bisa kita pakai,” kata Gebernur, kemarin.

Dari lima kabupaten itu, katanya, hanya Merauke yang memiliki persawahan terluas. Namun pengembangan padi di empat kabupaten lain juga perlu dilakukan untuk mendukung program lumbung pangan nasional di Papua. “Dari 29 kabupaten-kota di Papua, daerah lain saya lihat belum bisa tanam padi,” katanya.

Di Papua, kata Enembe, lahan untuk persawahan sangat luas, sementara sumber daya manusia terbatas. Olehnya, perlu dilengkapi dengan perlatan-peralatan pertanian yang memadai.

“Saya harap Pak Menteri Pertanian menambah sarana prasarana petani karena dengan begitu saya yakin petani lebih giat. Kita punya alat tanam padi, tapi kita butuh yang besar sehingga masyarakat kerja efektif,” ujarnya.

Ia menambahkan, beras Merauke sudah dikirim untuk dikonsumsi oleh masyarakat di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom. Bahkan jatah beras ASN provinsi didatangkan dari Merauke.

“Pemerintah provinsi sudah kerja sama dengan Pemda Merauke dan menurut informasi 7.500 ASN saya di Kantor Gubernur konsumsi beras Merauke,” imbuhnya. (Ansar/Emanuel)

Advertisement