Wartawan Demo Suarakan Kebebasan Pers di Papua

Wartawan Demo Suarakan Kebebasan Pers di Papua

Ilustrasi | Foto: harianpapua.com

Metro Merauke – Sekitar 20-an wartawan di Kota Jayapura turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi tentang kebebasan pers di Tanah Papua, Kamis (09/02) pagi. Dalam aksi yang dipusatkan di sekitaran Lampu Merah Abepura ini, para awak media tersebut membawa sejumlah aspirasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat.

Pantauan HarianPapua.com, aksi wartawan Kota Jayapura dimulai sekitar pukul 10.05 WIT dan berlangsung satu jam hingga pukul 11.00. Setelahnya para awak media yang terdiri dari media cetak dan elektronik ini langsung membubarkan diri. Beberapa tuntutan yang dibawa dalam aksi ini yaitu para wartawan menginginkan agar benar-benar terjadi kebebasan pers di Papua. Selama ini wartawan di Jayapura kerap mendapat intimidasi ketika hendak mengangkat berita-berita yang sifatnya sensitif, misal pelanggaran HAM dan kasus korupsi.

Tak hanya itu masyarakat juga diminta untuk sadar akan keberadaan pers di Jayapura agar dapat bersama-sama membangun Papua lewat penyampaian informasi yang berimbang. Keberadaan pers dinilai sangat penting dalam mengontrol jalannya pemerintahan di Papua yang bersih, amanah dan berpihak pada rakyat.

Di kesempatan itu para wartawan Kota Jayapura mengajak masyarakat untuk memerangi berita-berita Hoax (palsu) yang belakangan sering meresahkan di sosial media. Aksi kali ini juga merupakan bagian dari cara memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh hari ini 9 Februari 2017. (Rikardo Kaway)

Sumber: harianpapua.com

Advertisement