Setiap Hari, Warga Papua Nugini Selalu Masuk ke Wilayah Indonesia

Setiap Hari, Warga Papua Nugini Selalu Masuk ke Wilayah Indonesia

Warga Papua Nugini mendatangi Distrik Sota, Merauke, Papua beberapa waktu lalu

Metro Merauke – Setiap hari, sekitar 5-7 warga negara Papua Nugini (PNG) mendatangi Distrik Sota, Merauke, Papua. Mereka datang dengan membawa hasil-hasil alam, seperti ikan dan tanduk rusa untuk dijual di Indonesia.

“Umumnya yang datang berjalan kaki dengan jarak tempuh paling dekat 15 kilometer. Ada yang menggunakan sepeda, namun hanya beberapa orang saja,” kata Kapolsek Sota, Iptu Ma’aruf Suroto kepada Metro Merauke, kemarin.

Kata Ma’ruf, setelah warga negara tetangga menjual hasil alamnya, mereka selanjutnya membeli kebutuhan pokok berupa beras, minyak goreng dan lain-lain untuk dibawa pulang ke negara asalnya.

“Oleh karena perjalanan sangat jauh, maka setelah tiba di Sota dan menjual hasilnya, tidak langsung kembali ke negaranya. Tetapi tinggal beberapa hari, setelah itu baru pulang,” tuturnya.

Menurut Ma’ruf, saat mendatangi wilayah Indonesia, warga PNG membawa serta kartu lintas batas tradisional, sebagaimana ketentuan hubungan bilateral antar kedua negara. “Ada petugas Imigrasi di Sota melakukan pemeriksaan dokumen warga PNG sebelum menjual hasilnya,” imbuhnya. (LKF/Emanuel)

Advertisement