Pemkab Merauke Siap Benahi Infrastruktur Pertanian

Pemkab Merauke Siap Benahi Infrastruktur Pertanian

Salah seorang petani Distrik Malind, Merauke sedang menjemur gabah

Metro Merauke – Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze telah memberi instruksi kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertamanan untuk membenahi infrastruktur pendukung pertanian.

“Saya minta dinas PU untuk infrastruktur jalan-jalan di kawasan pertanian benar-benar dipersiapkan,” kata Frederikus kemarin.

Menurut bupati, sudah puluhan tahun petani mengeringkan gabahnya di pinggir-pinggir jalan karena ketiadaan sarana. Selain itu infrastruktur penunjang masih sangat kurang. “Sudah bertahun-tahun petani kita jemur pagi di pinggir jalan dan ini perlu diperhatikan oleh instansi terkait,” katanya.

Katanya, Pemerintah Kabupaten Merauke akan mengirim beras produksi lokal keluar Papua sehingga dukungan dari berbagai pihak, termasuk instansi terkait sangat penting dalam peningkatan produksi beras.

Perlu diketahui bahwa persoalan pengeringan gabah di Merauke merupakan satu masalah yang masih terjadi sebab sebagian besar petani masih mengandalkan sinar matahari untuk proses pengeringan.

“Petani kita masih mengandalkan alam sehingga kalau ada hujan, pengeringan kurang optimal. Alat pengering memang ada tetapi belum mencukupi,” kata mantan Kepala Bulog Merauke, Said El Zabali, belum lama ini. (Ansar/Emanuel)

Advertisement