KSOP Merauke Tidak Mau Keluarkan Izin Berlayar

KSOP Merauke Tidak Mau Keluarkan Izin Berlayar

Ilustrasi gelombang laut tinggi

Metro Merauke – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Merauke, Papua tidak mau mengeluarkan izin berlayar untuk kapal kargo dan kapal berukuran kecil.

Larangan berlayar sementara waktu ini untuk jenis kapal tertentu, karena kondisi cuaca di perairan Merauke sedang tidak bersahabat. Angin kencang dan tinggi gelombang 2,5 hingga 3 meter terjadi di perairan.

Kepala Subseksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas IV Merauke, Damianus Kowa mengatakan, penundaan pelayaran untuk kapal jenis kargo dikeluarkan karena cuaca laut sangat buruk dan berbahaya.

“Sejak 1 Februari cuaca laut Merauke sangat buruk. Dari laporan BMKG, cuaca buruk masih akan terjadi hingga 14 Februari 2017,” kata Damianus, Kamis (9/2).

Sesuai laporan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Merauke, tinggi gelombang mencapai 3,5 meter terjadi di sekitar laut Arafuru bagian Timur.

Para pemilik kapal juga diimbau untuk melengkapi armadanya dengan peralatan keselamatan penumpang. Di samping itu perlu berkoordinasi dengan instansi teknis saat hendak melakukan pelayaran.

Peringatan serupa dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merauke, yang meminta masyarakat mewaspadai air pasang dan hujan yang berintensitas tinggi. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement