Dituntut Masyarakat, Ini Jawaban Sekda Merauke

Dituntut Masyarakat, Ini Jawaban Sekda Merauke

Pengunjuk rasa berorasi di depan Gedung Negara, Merauke, Kamis (9/2)

Metro Merauke – Sekretaris Daerah Kabupaten Merauke, Papua, Daniel Pauta mengimbau agar semua guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) wajib bekerja di tempat tugasnya sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang telah dikeluarkan pemerintah.

Permintaan itu disampaikan Pauta, menyusul tuntutan kelompok Solidaritas Masyarakat Peduli Pendidikan (SMPP) yang berunjuk rasa di Gedung Negara, Kamis (9/2) pagi. Kelompok ini membeberkan kekosongan tenaga pendidik di sekolah-sekolah yang berada di pedalaman Merauke.

Sekda mengatakan solusi agar guru tetap melaksanakan tugas di tempat tugasnya adalah dengan mengembalikan sistem pembayaran gaji guru di tempat tugas. Namun sebelum itu, akan dibahas kembali dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

“Guru perlu menerima gajinya di tempat dia mengajar. Kita bahas dulu, sebab dinas juga harus menyiapkan anggaran untuk mengantar gaji setiap bulan. Minimal gajinya per kawasan,” terang Pauta usai menampung aspirasi masyarakat peduli pendidikan.

Menurut dia, Solidaritas Masyarakat Peduli Pendidikan Merauke meminta agar pemerintah daerah mengawasi kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta para guru. Juga disampaikan agar Inspektorat melakukan audit dana pendidikan.

“Saya akan melanjutkan aspirasi masyarakat peduli pendidikan kepada pimpinan. Supaya ada kebijakan lebih lanjut,” imbuhnya. (Getrudis/Emanuel)

Advertisement