Surat Suara Pilkada Mappi Lebih 5.000 Lembar, Panwas: Sudah Dimusnahkan

Surat Suara Pilkada Mappi Lebih 5.000 Lembar, Panwas: Sudah Dimusnahkan

Masyarakat Kabupaten Mappi, Papua

Metro Merauke – Seluruh logistik pemilu untuk perhelatan Pilkada Kabupaten Mappi, Papua yang disiapkan di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan telah selesai dikerjakan dan didistribusi ke Kabupaten Mappi.

Namun diketahui, ada 5.000 lembar surat suara yang dicetak lebih dari yang ditentukan yakni sebanyak 73.555 lembar. Pihak penyelenggara pemilu Kabupaten Mappi mengaku ribuan surat suara itu telah dimusnahkan.

“Semua logistik untuk Mappi sudah dikirim melalui kapal dari Makassar. Pengirimannya juga dikawal aparat sehingga dipastikan aman. Tapi saat itu diketahui masih ada 1 karton yang tersisa di tempat percetakan dan dicek rupanya logistik surat suara untuk Mappi,” kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Mappi, Arnoldus Kwemotaghai kepada Metro Merauke, Rabu (8/2).

Dilanjutkan, untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Mappi pada 15 Februari 2017, 5.000 lembar surat suara yang kelebihan itu langsung dimusnahkan di tempat percetakan Makassar. “Dengan disaksikan langsung petugas KPU dan Panwas Mappi. Ada berita acara pemusnahannya,” katanya menjelaskan.

Sebelumnya, Anggota KPU Divisi Logistik dan Keuangan Mappi, Esebia Tapaimu mengatakan PT. Adi Perkasa yang memenangkan tender proyek surat suara Pilkada Mappi. Dan selama proses pencetakan di Makassar, anggota KPU, Panwas dan aparat keamanan melakukan pengawasan.

Setelah tiba di Mappi pada akhir Januari 2017, logistik Pilkada tersebut langsung disortir dan dilipat sebelum dikirim ke 230 Tempat Pemungutan Suara. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement