Ribuan Seniman Marind Siap Meriahkan HUT Kota Merauke

Ribuan Seniman Marind Siap Meriahkan HUT Kota Merauke

HUT Kota Merauke tahun 2016 lalu

Metro Merauke – Ribuan seniman Marind siap memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kota Merauke ke-115, 12 Februari 2017. Salah satu atraksi budaya yang bakal ditampilkan adalah parade 1000 tifa.

Para seniman Marind dari sejumlah distrik dipastikan akan datang ke Kota Merauke untuk mengikuti parade dimaksud, sekaligus memeriahkan HUT Merauke dengan berbagai karya seni lainnya.

Ketua Panitia HUT Kota Merauke tahun 2017, Albertus Muyak mengatakan jumlah warga yang diperkirakan datang mencapai 1000 orang. Mengingat masyarakat Marind dari beberapa distrik sangat berantusias. Mereka akan dimobilisasi dari Distrik Semangga, Tanah Miring, Sota, Okaba, Muting, Naukenjerai, Malind dan Anim Ha.

“Untuk parade 1000 tifa akan melibatkan banyak orang dari berbagai distrik, jumlahnya bisa mencapai ribuan orang,” kata Muyak kepada Metro Merauke, Rabu (8/2).

Panitia, kata dia, sudah menyediakan beberapa tempat untuk menampung mereka yang datang dari berbagai distrik, di antaranya Gedung Olahraga Hiad Sai

Menurutnya, parade 1000 tifa menjadi salah satu kegiatan yang sengaja digelar dalam perayaan HUT Kota Merauke. Itu dimaksudkan agar budaya tradisional dapat dijaga dan dilestarikan dari generasi ke ke generasi.

Ia menambahkan, Pemkab Merauke telah menyediakan dana sebesar Rp2 miliar dari APBD untuk membiayai berbagai kegiatan dalam memperingati HUT Kota Merauke. Kegiatan yang dilaksanakan, di antaranya bakti sosial, hiburan rakyat, berbagai perlombaan, karnaval hingga acara syukuran pada 12 Februari nanti.

“Diadakan syukuran bersama seluruh masyarakat di Lapangan Mandala, ada doa berantai dari lima tokoh agama yang mendoakan Kabupaten Merauke lebih maju dan berkembang,” tandasnya. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement