PON XX, Stanislaus: Sarana Olahraga Harus Memadai

PON XX, Stanislaus: Sarana Olahraga Harus Memadai

Stadion Katalpal, Merauke, Papua

Metro Merauke – Sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020, pemerintah diminta untuk menyiapkan sarana prasarana olahraga yang memadai. Agar perhelatannya berjalan lancar dan sukses.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Merauke, Papua, Stanislaus Tokilo Gebze mengatakan, Merauke menjadi salah satu kabupaten yang dipilih untuk menyelenggarakan sejumlah cabang olahraga.

Katanya, Kabupaten Merauke dipercayakan sebagai tuan rumah untuk beberapa jenis olahraga yang akan dipertandingkan dalam PON, di antaranya taekwondo, karate, sepak bola dan basket.

Ia mengharapkan, pemerintah pusat dan provinsi turut mendukung sarana prasarana olahraga di Merauke, khususnya yang akan dipakai saat PON XX. Terutama menurutnya, menyelesaikan pembangunan Stadion Katalpal.

“Tahun ini Pemkab Merauke alokasikan Rp10 miliar. Sementara dana yang sudah dikucurkan untuk pembangunan stadion itu sekitar Rp100 miliar dari total yang dibutuhkan sekitar Rp200 miliar,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (8/2).

Terkait persiapan atlit, katanya, Dispora Merauke sudah mempersiapkan atlit-atlit berbakat melalui pembinaan dan pelatihan rutin. Mereka akan berkompetisi dan memperkuat tim Provinsi Papua dalam ajang bergengsi lima tahunan itu.

“Pembinaan atlit sudah mulai dilakukan, khususnya yang menjadi primadona di Merauke di antaranya tinju, baket, volly pantai, sepak bola, lempar lembing dan cakram,” kata Stanislaus. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement