2,2 Ton Pakan Ikan di Merauke Kedaluwarsa, Proyek KKP Dianggap Mubazir

2,2 Ton Pakan Ikan di Merauke Kedaluwarsa, Proyek KKP Dianggap Mubazir

Pakan ikan bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tak dipakai oleh kelompok budidaya ikan di Merauke, Papua

Metro Merauke – Empat puluh kelompok budidaya ikan di Merauke, Papua tidak dapat memanfaatkan pakan ikan yang dibantu oleh Kementerian dan Kelautan (KKP) RI melalui Dinas Perikanan Kabupaten Merauke.

Sebab, tanggal penggunaan pakan ikan tersebut sudah habis jangka waktunya alias kedaluwarsa. Oleh penerima manfaat, proyek dari KKP ini dianggap mubazir, karena bantuannya tidak dapat digunakan.

Padahal, setiap kelompok menerima 40 karung pakan ikan kemasan 50 kilogram. Tahun produksinya 2008 dan berlaku hingga 5 Februari 2017. Sementara bantuan itu baru diserahkan kepada petani ikan di Merauke pada Desember 2016.

“Dari 40 karung yang kami terima, baru terpakai 2 karung. Sisanya sudah tidak bisa dipakai. Kami paksakan kasih, malah banyak ikan yang mati,” keluh Ketua Kelompok Kuper Sukses, S. Kapasiang, Rabu (8/2).

Ke depannya, dia meminta agar semua bantuan pemerintah, entah yang bersumber dari pusat maupun daerah harus bisa bermanfaat dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan masyarakat. Pemerintah diminta untuk memberikan sepenuh hati, bukan untuk mengejar ‘proyek’. “Kalau banyak ikan mati, tentu kami yang rugi. Pemerintah bukan membantu malah menyusahkan,” celetuknya.

Di tempat lain, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Merauke, Florentinus Suhono Suryo melalui Staf Teknis Bidang Budidaya Ikan, Fransiskus Meteray mengakui pihaknya telah mengetahui jika pakan ikan bantuan sudah kedaluwarsa. Dinas telah melaporkan hal ini kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Kalau total pakannya sekitar 2,2 ton yang diberikan dari pusat pada Bulan November. Kami di dinas hanya sebagai fasilitator, dan barang ini dari kementerian langsung. Kami juga tidak bisa buat apa-apa. Pakan yang dikasih ini juga tidak sesuai, ini pakan tenggelam, bukan terapung,” terang dia.

Dia menambahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan kepada kelompok peternak ikan di Merauke berupa benih ikan, pakan, vitamin, densinfektan dan pompa air.

“Memang ini sudah banyak kelompok yang komplain dan itu kita sudah sudah sampaikan ke pusat, karena pakan yang diberikan ini juga tidak cocok sama ikannya,” tandasnya. (Getrudis/Emanuel)

Advertisement