Perda Kebersihan Segera Ditegakkan di Merauke

Perda Kebersihan Segera Ditegakkan di Merauke

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Merauke, Yoseph B. Gebze

Metro Merauke – Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Merauke, Papua, Yoseph B. Gebze mengatakan peraturan daerah (Perda) tentang kebersihan masih dalam tahap sosialisasi.

Menurutnya, setelah disosialisasikan, perda tersebut akan ditegakkan. Hanya saja hingga saat ini masih terkendala jumlah staf untuk melakukan sosialisasi. “Sementara kita masih sebatas himbauan. Tapi jika perda sudah ditegakkan, kita akan berikan sanksi tegas kepada para pelanggar,” kata Yoseph, Selasa (7/2).

Diungkapkan, sanksi yang diberikan dalam perda tersebut berupa denda Rp50 juta dan kurungan badan maksimal 6 bulan. Namun sebelum itu, pelanggar mengikuti persidangan di pengadilan.

Kewajiban masyarakat yang tertuang dalam regulasi tersebut, antara lain warga harus membuang sampah pada tempat pembuangan sementara yang disediakan. Begitu pula, pengusaha angkutan umum harus menyediakan tempat sampah dalam kendaraannya.

“Perda ini bukan regulasi baru. Setiap tahun sudah kita sosialisasikan di tingkat RT/RW. Tapi saat sosialisasi, pesertanya yang datang sedikit saja,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Satuan Polisi Pamong Praja yang akan melakukan penegakkan perda kebersihan di daerah ini. “Kami berharap masyarakat lebih menjaga kebersihan lingkungannya. Ini dilakukan agar daerah menjadi bersih, aman dan nyaman,” pungkasnya. (Getrudis/Emanuel)

Advertisement