Akses Infrastruktur di Distrik Sota Mulai Terbuka

Akses Infrastruktur di Distrik Sota Mulai Terbuka

Kapolsek Sota, Iptu Ma’aruf Suroto berdialog dengan masyarakat Distrik Sota, Merauke

Metro Merauke – Dalam beberapa tahun terakhir, akses infrastruktur di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua mulai terbuka setelah jaringan telekomunikasi mulai lancar serta listrik menyala 1×24 jam sejak 2016 lalu.

Hal itu disampaikan Kepala Kepolisian Sektor Sota, Iptu Ma’aruf Suroto kepada Metro Merauke, Selasa (6/2). “Untuk ke Sota, infrastruktur berupa jalan sudah licin. Perjalanan bisa ditempuh sekitar dua jam. Kalau tahun-tahun sebelumnya bisa melebihi, karena jalan berlubang,” ungkapnya.

Begitu juga listrik, masyarakat sudah menikmati 1×24 jam. Jika tahun sebelumnya hanya 8 jam saja. Ini menunjukkan bahwa perhatian pemerintah ke daerah perbatasan terus dilakukan dari tahun ke tahun.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek juga mengaku menggeluti pekerjaan lain, yakni bercocok tanam. Ia mengembangkan nenas maupun sayur-sayuran selama beberapa tahun terakhir.

Khusus nenas, selain anakan bibit didapatkan dari warga lokal, juga anakan didatangkan dari negara Papua Nugini (PNG). “Kalau orang sudah ke Sota dan menikmati nenas di sini, tentu rasanya berbeda dengan nenas di daerah lain. Saya juga melakukan pendampingan terhadap masyarakat lokal untuk bagaimana memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam sayur-sayuran maupun umbi-umbian. Karena tanahnya sangat subur,” tutur dia. (LKF/Emanuel)

Advertisement