Pemerintah Diminta Perbaiki Jalan Bokem-Nasem
Kesra

Pemerintah Diminta Perbaiki Jalan Bokem-Nasem

Sebuah truk tertanam di jalur Bokem-Nasem, Merauke, Papua

Metro Merauke – Kondisi jalan dari Kampung Bokem hingga Kampung Nasem, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua rusak parah. Kendaraan roda empat maupun roda dua sulit melalui jalan itu.

Salah seorang warga Nasem, Remisius Kaize mengatakan jalan tersebut merupakan satu-satunya jalur yang menghubungkan Kota Merauke dengan sejumlah kampung di Distrik Merauke dan Distrik Naukenjerai.

Pada musim hujan, ruas jalan mulai dari Kampung Bokem hingga Kampung Nasem selalu digenangi air, sebab sudah berlubang dan ada beberapa titik yang tidak diaspal. Jarak dari Bokem ke Nasem kurang lebih 7 kilometer. “Ini terjadi dari tahun ke tahun. Beberapa tahun lalu pernah dikerjakan, tapi hanya sepenggal mau masuk Kampung Nasem. Tapi sekarang rusak lagi, dan tahun ini tambah parah,” ungkap Resmisius, kemarin.

Kondisi jalan itu semakin rusak karena sering dilalui truk pengangkut pasir. “Setiap hari truk angkut pasir dan lewat jalan ini. Muatannya penuh-penuh, tapi mereka tidak pernah membuang sedikit pasirnya supaya jalan bisa dilewat agak baik,” celetuk warga lainnya, Petrus Kaize.

Mereka berharap ada perhatian pemerintah daerah untuk membenahi atau memperbaiki jalan itu. “Dan kalau boleh tindak tegas penggalian pasir di wilayah Ndalir dan Onggaya, karena itu juga merusak lingkungan dan jalan,” pintanya.

Pantauan Metro Merauke, ruas jalan dari Bokem hingga Nasem memang cukup memprihatinkan. Jalan tidak sepenuhnya diaspal, berlubang dan sulit dilalui kendaraan roda empat maupun sepeda motor. Bahkan ada beberapa kendaraan yang tertanam di sejumlah titik. (Emanuel)

Post Comment