KPU Mappi Siap Distribusi Logistik Pemilu ke 230 TPS

KPU Mappi Siap Distribusi Logistik Pemilu ke 230 TPS

Masyarakat Kabupaten Mappi, Papua

Metro Merauke – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mappi, Papua memastikan telah menerima seluruh logistik Pilkada Kabupaten Mappi yang didistribusi dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Anggota KPU Divisi Logistik dan Keuangan, Esebia Tapaimu saat dihubungi Metro Merauke, mengatakan pihaknya sedang menyortir 73.555 lembar surat suara dan sekaligus dilipat.

Dijelaskan, proses penyortiran dan pelipatan dikerjakan oleh salah seorang satu staf, 3 warga serta dibantu petugas TNI/Polri yang melakukan tugas pengamanan di Kantor KPU sejak Rabu (1/2).

Ia memastikan lima hari sebelum pencoblosan pada Rabu 15 Februari 2017, pihaknya sudah mendistribusikan ke distrik-distrik. “Tanggal 10 Februari sudah selesai pengepakan dan di-dropping ke distrik,” katanya, kemarin.

Esebia mengaku dalam proses penyortiran dan pelipatan, pihaknya menemukan sejumlah surat suara yang tak layak pakai. “Ada yang kertasnya terlalu tipis. Sementara jumlah yang rusak belum diketahui berapa banyak karena pelipatan belum rampung,” ujarnya.

KPU Kabupaten Mappi telah menjadwalkan pengiriman logistik Pilkada pada 11 Februari 2017, dengan mendahulukan distrik terjauh, seperti Distrik Senggo, Haju, Assue, Bade dan Yakomi.

“Untuk pengamanan saat pendistribusian logistik ke 230 Tempat Pemungutan Suara, kami melibatkan anggota TNI dan Polri,” pungkasnya. (Nuryani/Emanuel)

Advertisement